RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Malang
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI /Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 X 45 Menit
|
STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan aturan statistik,
kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
Menggunakan aturan perkalian,
permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
INDIKATOR
1. Menjelaskan pengertian
aturan perkalian
2. Menyusun aturan
perkalian
3. Menggunakan aturan
perkalian
4. Memberikan contoh aturan
perkalian
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjelaskan
pengertian aturan perkalian
2. Siswa dapat menyusun
aturan perkalian
3. Siswa dapat
menggunakan aturan perkalian
4. Siswa dapat memberikan
contoh aturan perkalian
II.
MATERI
POKOK
Peluang
RANGKUMAN MATERI:
Aturan
perkalian merupakan percobaan yang terdiri dari n buah tempat yang tersedia
sedemikian sehingga tempat pertama dapat diisi dengan k1 cara,
tempat kedua dapat diisi dengan k2 cara dan seterusnya sampai tempat
ke-n dapat diisi dengan kn cara, maka banyaknya cara untuk mengisi n
buah tempat yang tersedia adalah (k1 x k2 x k3
x … x kn) cara. Untuk
mempermudah mendaftarkan hasil yang mungkin dapat dilakukan dengan
membuat diagram pohon.
Contoh: Tentukan semua
hasil yang mungkin dari sebuah koin yang dilempar dua kali ?
Jawab:
Untuk masalah ini
terdapat dua tempat yang harus diisi yaitu tempat pertama untuk hasil lemparan
pertama dan tempat kedua untuk hasil lemparan kedua. Untuk lemparan pertama
dapat muncul angka (A) atau gambar (G),
sehingga temapat pertama dapat diisi dengan 2 cara. Untuk lemparan kedua dapat
muncul angka (A) atau gambar (G),
sehingga temapat kedua dapat diisi dengan 2 cara. Jadi, banyaknya hasil yang
mungkin adalah 2 x 2 = 4 cara, yaitu (AA, AG, GA, GG).
|

|
III.
METODE
PEMBELAJARAN
Demonstrasi, Ceramah,
dan Tanya jawab
IV.
LANGKAH
PEMBELAJARAN
No.
|
Langkah Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
kelas
|
waktu
|
||
1.
|
Pra
kegiatan
|
|
|
|
-
Guru
mengucapkan salam
-
Siswa
menjawab salam
-
Siswa
diajak berdoa bersama sesuai dengan keyakinanya
-
Siswa
ditanya apakah ada yang tidak masuk
|
IPA 1
|
5
menit
|
2
|
Kegiatan
Awal:
|
|
|
|
·
Apersepsi
: Siswa ditanya “berapa jumlah baju di rumah ?”
|
IPA 1
|
2,5
menit
|
|
·
Informasi
materi : Guru memberikan informasi kepada siswa tentang materi yang akan
dibahas yaitu menyusun dan menggunakan aturan perkalian
|
IPA 1
|
2,5
menit
|
|
·
Informasi
tujuan : Dari pembelajaran ini diharapkan siswa dapat menyusun dan menggunakan
aturan perkalian
|
IPA 1
|
5
menit
|
3
|
Kegiatan
Inti :
|
|
|
|
1.
Guru
menjelaskan tentang aturan perkalian seperti pada rangkuman materi
|
IPA 1
|
25
menit
|
|
2.
Selanjutnya
siswa diberi tugas melengkapi soal-soal pada buku matematika kontekstual plus
program IPA, halaman 37 - 38
|
IPA 1
|
25
menit
|
4
|
Kegiatan
Akhir :
|
|
|
|
·
Simpulan
: Siswa dapat mengerjakan persoalan yang berkaitan dengan aturan perkalian
dalam kehidupan sehari-hari.
|
IPA 1
|
5
menit
|
|
·
Evaluasi
: siswa diberi pertanyaan sebagai berikut:
1. Seorang pria
memiliki 20 kemeja dan 10 dasi, dalam berapa cara dia dapat memakai sebuah
kemeja dan sebuah dasi?
2. Terdapat 3 jalan
yang mungkin dari kota A ke kota B dan terdapat 4 jalan yang mungkin dari
kota B ke kota C. ada beberapa jalan yang mungkin dari kota A ke kota C?
|
IPA 1
|
10
menit
|
|
·
Refleksi
: Siswa ditanya kembali apakah dari penjelasan materi aturan perkalian ada
yang tidak dimengerti.
|
IPA 1
|
5
menit
|
|
·
Tindak
lanjut : Pemberian tugas rumah
1. Dari angka-angka
1,2,3,4 akan dibentuk sebuah bilangan yang terdiri dari dua angka.
a. Berapa banyak
bilangan yang dapat dibentuk, yang kurang dari 30 ?
b.Berapa banyak
bilangan yang dapat dibentuk, yang lebih dari 20 ?
2. Dari angka-angka
1,2,3,4 akan dibentuk bilangan-bilangan. Berapa banyak bilangan yang dapat
dibentuk, yang kurang dari 400 ?
|
IPA 1
|
5
menit
|
V.
PENILAIAN
1.
Prosedur : Keaktifan bertanya dan
ketepatan dalam menjawab soal
penugasan(kuis)
2.
Jenis
penilaian : Tes
3.
Bentuk
penilaian : Daftar pertanyaan
4.
Alat
penilaian : Tugas-tugas
VI.
MEDIA/ALAT
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
MEDIA / ALAT
Menggunakan power
point
SUMBER
Indarsih,dkk.2008.Matematika
Kontekstual 2 Program IPA. Klaten:Intan Pariwara
Sucipto, Endar. 2003. Matematika
SMU untuk kelas 2. Jakarta: Erlangga
Adrian, Willa Soekotjo
Loedji. 2008. Matematika Bilingual untuk SMA Kelas XI IPA.Bandung: Yrama
Widy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar